Blogger dan Pelanggaran HaKI

Posted on Januari 25, 2010

0


Sabjan Badio

Percayakah Anda kalau saya katakan bahwa blogger adalah salah satu pelanggar hak cipta terbnyak? Percaya tidak percaya, itulah kenyataannya. Coba bayangkan, ada berapa banyak blogger yang tidak mencantumkan sumber gambar yang dipajang di postingannya? Ada berapa banyak blogger yang tidak mencantumkan sumber artikel yang di-kopi-paste-nya?

Nge-blog memang bebas. Walaupun begitu, kita seharusnya saling menghormati sesama anggota komunitas maya. Jika suatu saat kita harus memajang foto milik orang lain, alangkah baiknya jika kita mencantumkan sumbernya. Perlu diketahui, tidak semua orang ikhlas gambarnya disebarluaskan begitu saja. Dengan memajang sumber, paling tidak kita telah melakukan tiga hal, (1) menghormati pemilik gambar, (2) mengamankan diri dari pelanggaran undang-undang, (3) mengamankan diri jika ternyata postingan yang kita kutip ternyata bermasalah (mudah ditelusuri sumbernya). Undang-undang? Ya, sekarang sudah ada undang-undang tentang hak atas kekayaan intelektual, yaitu UU No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

Pencantuman sumber harus dibiasakan. Jika tidak, ini akan berhahaya, misalnya saat kita memenangkan sayembara, tentu akan menyedihkan jika kemenangan kita dibatalkan hanya karena ada bagian dari blog atau artikel kita yang melanggar hak cipta.

Ya, begitu saja. Mari berblog ria, mari saling menghargai sesama blogger!

Iklan
Ditandai: ,
Posted in: Seputar TIK